Separuh Penduduk RI Tidak Hafal Indonesia Raya

Separuh Penduduk RI Tidak Hafal Indonesia Raya

449
0
SHARE

Kementerian Dalam Negeri mengungkapkan hasil survei yang mengejutkan. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Soedarmo mengatakan 53 persen warga Indonesia tidak hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Ditambah lagi, survei yang dilakukan salah satu lembaga itu juga menemukan fakta lain. 18 dari 100 orang tidak tahu judul lagu kebangsaan. Sementara 24 dari 100 orang tidak paham sila Pancasila.

“Ini sesuatu yang ironis namun perlu disikapi serius,” kata Soedarmo di Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/9/2017).

Ia menyampaikan hal itu pada temu ramah dengan Gubernur, Bupati dan Wali Kota serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se-Sumbar, Anggota DPRD Provinsi serta perangkat daerah hingga Lurah se-Kota Padang bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Menurut Soedarmo dari survei yang sama terkuak 61 persen generasi muda tidak peduli dengan kondisi negara.

“Ini perlu jadi perhatian bersama para kepala daerah agar memahami kondisi ini dan menumbuhkembangkan nasionalisme melalui ideologi Pancasila,” kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Ia menekankan salah satu tanggung jawab kepala daerah adalah menjaga ketenteraman, ketertiban dan memelihara persatuan dan kesatuan di masyarakat.

“Hal ini harus dilakukan dengan memberdayakan seluruh komponen yang ada di daerah mulai dari forum komunikasi pimpinan daerah, tokoh masyarakat dan ormas,” kata dia.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY